Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

PENGARUH SINAR UV BAGI KULIT DAN CARA MENGATASINYA

Artikel Dr. Alodia Aurora on Radar Bogor.

On Wednesday, August 6, 2014, Rany puspitasari <ranypuspitasari0@gmail.com> wrote:

 

1. Bahaya Ultraviolet bagi kecantikan atau kesehatan kulit, terutama wajah bagi wanita?

2. Langkah-langkah menghindari atau mengatasi kulit kering?

3. Selain perawatan, makanan apa yang baik untuk mencegah kulit kering?

jawabannya agak detail ya dok, hehe, makasih sebelumnya :)

 

 1. Bahaya Ultraviolet bagi kecantikan atau kesehatan kulit, terutama wajah bagi wanita.


Ultraviolet (UV) merupakan suatu radiasi elektromagnetik yg panjangnya berkisar 100 - 400 nanometer. spektrum dr sinar uv dapat dibedakan menjadi 3 yaitu UVA (320-400nm), UVB (280-320 nm), dan UVC (200-280 nm). Ketiga jenis ini memiliki perbedaan dalam melakukan penetrasi atau menembus dlm kulit. semakin pendek panjang gelombang, semakin susah menembus kulit, namun radiasinta semakin merusak kulit. Sebagian besar dari sinar UV yg mencapai lapisan bumi adalah UVA (90-99%) UVB (1-10%) sedangkan UVC diabsorpsi oleh lapisan ozon, 

Efek toksik radiasi UV yg terdapat di sinar matahri merupakan masalah kesehatan yg serius. Efek akut utama yang terjadi oleh krn radiasi uv pd kulit manusia yg normal dpt berupa inflamasi (eritema) yang biasa disebut sebagai sunburn, kulit menjadi gelap (tanning), imunosupresi lokal ataupun sistemik. Sedangkan efek kronik dari radiasi UV dapat menyebabkan penuaan kulit secara premature. Kulit dapat menjadi tebal, keriput, tidak elastis, kering dan kasar teksturnya. Selain itu sinar UV dapat merusak DNA dengan memutus ikatan-ikatan gen yang terkena radiasi dan mengaktifkan bahan kimia dlm tubuh.Sebenarnya sel kulit dapat memperbaiki diri melalui mekanisme perbaikan terhadap kerusakan sel yang minimal. Namun, kerusakan yg berat menjadikan sel tidak memperbaiki diri, maka lama-lama akan berkembang menjadi kanker kulit. 

 

2. Langkah-langkah menghindari atau mengatasi kulit kering?

 

Untuk memperbaiki kulit kering, harus mengurangi hilangnya air lewat epidermis dengan jalan memberikan bahan yang bersifat hidrasi (moisturizer) yang larut dlm air. Dengan cara antara lain : 

Menjaga kulit agar tetap bersih tanpa melakukan pembersihan secara berlebihan. sebaiknya dihindarkan pemakaian sabun yg berlebihan dan air terlalu panas.

Memakai pelembab. Kerja dr pelembap bukanlah menambah kelembapan pada kulit tapi mencegah hilangnya kelembapan yg telah ada. 

Batasi kulit terkena sinar matahari secara langsung khususnya pada jam 10.00- 16.00

Pilih kosmetik yang berbahan dasar minyak atau oil-based (kadar minyak lebih tinggi dari kadar air).

Biasakan gunakan pelembab yang mengandung tabir surya atau tabir surya dengan SPF minimal 15. oleskan tiap 2 jam sekali baik di dalam dan luar ruangan dan saat berenang atau berkeringat. oleskan ke kulit 20 menit sebelum terpapar sinar matahari,

Cara hidup yg sehat (tidur yang cukup, berolahraga teratur, tidak merokok)

Hindari stress dan kurang tidur, jika pikiran yg terlalu banyak beban maka aliran darah di dalam tubuh menjadi tidak lancar memberikan pengaruh buruk pada kelembapan kulit semakin lama kulit makin terlihat kering dan kusam

Olahraga teratur sehingga tubuh sehat dan kulit menjadi lebih segar.

Mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung vitamin dan serat yang tinggi.

Banyak minum air putih 2.5 liter perhari

 

3. Selain perawatan, makanan apa yang baik untuk mencegah kulit kering?

 

Konsumsi makanan yg bisa membantu meningkatkan proses diet seimbang, seperti sayuran segar, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makanan yg mengandung omega 3 seperti ikan salmon, sardine, alpukat kenari juga membantu menjaga kelembapan kulit.